Gaji Karyawan di Bakery: Berapa Sih Standar Upahnya?

1. Perbandingan Gaji Karyawan Bakery dengan Industri Makanan Lainnya

Jika kamu bekerja di industri makanan, menghitung gaji menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Begitu pula dengan karyawan di bidang bakery atau roti. Apakah penghasilan mereka termasuk standar? Ternyata, gaji yang ditawarkan pada sebuah bakery cukup variatif, tergantung dari beberapa faktor seperti daerah, pengalaman, dan tanggung jawab pekerjaan.

Berikut perbandingan gaji karyawan bakery dibandingkan dengan industri makanan lainnya:
1. Chef: Dalam bakery, Chef memiliki gaji kisaran Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan. Sementara, di industri makanan, gaji Chef bervariasi antara Rp 5.000.000 hingga Rp 20.000.000 per bulan.
2. Waiter: Di bakery, Waiter memiliki gaji kisaran Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000 per bulan. Sementara, di industri makanan, gaji Waiter bervariasi antara Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.
3. Kasir: Dalam bakery, Kasir memiliki gaji kisaran Rp 2.000.000 hingga Rp 3.500.000 per bulan. Sedangkan di industri makanan, gaji Kasir bervariasi antara Rp 1.500.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaji Karyawan Bakery

Selain perbandingan gaji dengan industri makanan lainnya, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi jumlah gaji karyawan bakery. Berikut beberapa faktornya:

1. Pengalaman: Wajar jika pengalaman kerja akan mempengaruhi gaji karyawan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin besar pula gaji yang diterima. Di bakery, tingkat pengalaman kerja mempengaruhi gaji dengan kisaran antara Rp 1.500.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.
2. Level Pekerjaan: Tiap pekerjaan memiliki level atau tingkat keuntungan yang berbeda-beda, seperti Assistant Chef, Chef de Partie, hingga Executive Chef. Semakin tinggi level pekerjaan yang dipegang, maka semakin tinggi pula gaji yang akan diterima.
3. Lokasi: Karyawan bakery di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali pada umumnya memiliki gaji lebih tinggi daripada karyawan bakery di daerah pedesaan atau kota kecil.
4. Jam Kerja: Jam kerja karyawan di bakery juga mempengaruhi gaji yang diterima. Misalnya, mereka yang bekerja lebih dari 8 jam per hari, maka akan diberikan tunjangan atau insentif tambahan.
5. Ukuran Bakery: Semakin besar bakery, semakin banyak pula karyawan yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja mempengaruhi gaji yang diterima.

3. Rincian Gaji Karyawan Bakery di Indonesia

Berikut ini adalah rincian gaji karyawan lini pekerjaan di bakery:
1. Bagian Produksi Roti: Gaji untuk produksi roti berkisar antara Rp 2.100.000 hingga Rp 3.500.000 per bulan. Bagian produksi roti ini terdiri dari operator mesin, pembuat adonan, pembuat roti, dan bakery helper.
2. Pastry Chef: Gaji pastry chef berkisar antara Rp 2.800.000 hingga Rp 7.400.000 per bulan. Pekerjaan pastry chef meliputi membuat aneka jenis pastry, dessert, dan kue.
3. Karyawan Kebersihan: Bagian kebersihan dapat bertanggung jawab atas kebersihan seluruh area bakery. Gaji karyawan kebersihan berkisar antara Rp 1.800.000 hingga Rp 2.800.000 per bulan.
4. Waitress: Gaji waitress berkisar antara Rp 1.600.000 hingga Rp 3.200.000 per bulan, bergantung pada level pekerjaan dan lokasi.
5. Manager: Gaji manager bakery berkisar antara Rp 6.500.000 hingga Rp 14.500.000 per bulan. Sebagai penanggung jawab keseluruhan, tugas manajer menyusun anggaran, aktivitas promosi, mengirimkan laporan dan memastikan bahwa anggaran operasional tercapai.

4. Tips Meningkatkan Gaji Karyawan Bakery

Berikut tips bagi karyawan bakery untuk dapat meningkatkan gaji:
1. Tingkatkan Kemampuan: Peningkatan kemampuan seiring dengan pengalaman yang diperoleh akan meningkatkan peluang kenaikan gaji karyawan.
2. Ambil Inisiatif: Mengambil inisiatif dapat membantu karyawan memperoleh senioritas dan perluasan tanggung jawab yang kemudian memperbaiki peluang untuk kenaikan gaji.
3. Berbagai Tugas: Mempunyai keterampilan yang berbeda secara umum akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji.
4. Lokasi: Hal ini berlaku terutama bagi karyawan yang bekerja di kedai bahan makanan yang terletak di pusat kota. Berkomunikasi terkait kesempatan untuk ditempatkan di cabang yang lebih besar di pusat kota untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi.
5. Evaluasi Kinerja: Pengevaluasian kinerja karyawan bakery menentukan apakah karyawan memenuhi standar kinerja dan mencapai target bisnis. Selain itu, kinerja juga akan mempengaruhi kenaikan gaji dan promosi.

5. Kesimpulan

Berdasarkan beberapa faktor, jumlah gaji karyawan bakery bervariasi. Selesaikan pekerjaan rutin serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji. Meskipun gaji standar karyawan bakery tidak bisa disamakan dengan gaji karyawan makanan lainnya, tetap saja memiliki peluang dan prospek yang begitu baik dengan masa depan kerja yang tepat serta keahlian yang ditingkatkan.

Leave a Comment