Arti Ngl Adalah – Penjelasan, Fungsi, dan Contoh Kalimat

Pendahuluan

Arti ngl adalah salah satu kata dalam bahasa Jawa yang memiliki banyak penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terdengar sederhana, namun kata ngl memiliki banyak arti dan fungsi yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai arti ngl secara lengkap beserta contoh penggunaannya.

Pengertian Ngl

Kata ngl adalah singkatan dari kata “ing” yang berarti “di dalam” atau “dalam”. Meskipun memiliki arti dasar yang sama, namun kata ngl memiliki beberapa pengertian yang berbeda-beda tergantung dari konteks penggunaannya.

Penggunaan Ngl dalam Kalimat

1. Sebagai kata penghubung antara dua kata benda. Contoh: “Nglanti Gereja” yang artinya “di dekat gereja”.
2. Sebagai kata kerja. Contoh: “Nglakoni” yang artinya “melakukan” atau “menjalankan”.
3. Sebagai bagian dari kata majemuk. Contoh: “Nglangkungi” yang artinya “melintasi” atau “menyeberangi”.
4. Sebagai bagian dari bentuk kata sambung. Contoh: “Nglajah” yang artinya “mengajari” atau “mendidik”.
5. Sebagai kata pengganti kata depan. Contoh: “Nglorod” yang artinya “di belakang” atau “di sebelah belakang”.

Contoh Penggunaan Ngl dalam Kalimat

1. Aku wis ngluncur neng lapangan supaya bisa nglawak bareng teman-teman. (Saya sudah menuju ke lapangan agar bisa bermain bersama teman-teman).
2. Gusti Allah mboten ngemplakna kita kabeh, mundak arep nggawe kita uga kuat. (Tuhan tidak akan meletakkan kita semua, karena kita juga harus sangat berusaha).
3. Wong ngarep anane ngluguri, ngrinsing bareng, ngjadi panjenengan ngabisani kalina uga rame-rame. (Orang yang saling menolong saat memetik buah, memperoleh banyak hasil serta bersama-sama menikmati saat itu).
4. Golek becik seko urip kita kudu nglakuake kepiye, supaya tetep murah rezekine. (Mencari kebaikan dalam hidup harus meningkatkan kualitasnya, agar rezeki menjadi lebih berlimpah).
5. Si Oki kok nglorod ngendi iku? (Mengapa Oki berada di belakang sana?).

Kesimpulan

Arti Ngl adalah singkatan dari kata “ing” yang berarti “di dalam” atau “dalam”. Kata ngl memiliki banyak fungsi dan digunakan dalam berbagai konteks dalam bahasa Jawa. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai penutur bahasa Jawa untuk memahami penggunaan dan arti dari kata ngl tersebut. Semoga artikel ini membantu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kata ngl dalam bahasa Jawa.

Leave a Comment