Arti Mager Adalah dan Cara Mengatasinya

Apa itu Arti Mager?

Arti mager adalah istilah yang sering digunakan oleh remaja di Indonesia. Mager merupakan singkatan dari “malas gerak”. Istilah ini menunjukkan seseorang yang merasa malas untuk melakukan kegiatan yang seharusnya dilakukan. Kegiatan tersebut bisa berupa pekerjaan sekolah, pekerjaan kantor, atau kegiatan lainnya.

Biasanya, arti mager digunakan dalam bahasa gaul. Termasuk di antara pengguna sebutan itu adalah anak muda yang senang melakukan aktivitas outdoor, surfing atau berenang hingga mengikuti kegiatan yang berguna dalam mengasah skill. Mereka mudah bosan dan enggan melakukan suatu pekerjaan yang tidak menarik.

Apa yang Menyebabkan Mager?

Ada beberapa faktor penyebab mager, di antaranya:

  1. Kondisi tubuh yang lelah
  2. Saat seseorang merasa lelah, biasanya ia tidak memiliki semangat atau motivasi untuk melakukan kegiatan apa pun. Ini bisa terjadi karena kurangnya istirahat atau terlalu sering melakukan pekerjaan yang berat.

  3. Pilihan Prioritas
  4. Merasa malas juga bisa terjadi karena pilihan prioritas seseorang tidak tertata dengan baik. Misalnya, ia lebih memilih untuk tidur sehingga tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

  5. Takut Gagal
  6. Ada beberapa orang yang merasa malas karena takut gagal. Mereka lebih memilih untuk tidak melakukan suatu pekerjaan daripada melakukan pekerjaan tersebut dan akhirnya gagal.

  7. Rasa Malas yang Menetap
  8. Ada juga orang yang memiliki kondisi mental yang tertekan. Mereka merasa malas terus-menerus bahkan tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini bisa menandakan adanya gangguan mental atau psikologis.

Cara Mengatasi Mager

Jika seseorang merasa bahwa dirinya sering merasa malas yang begitu begitu lelah, maka berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa mager.

  1. Beristirahat dengan Cukup
  2. Jika rasa malas disebabkan oleh kelelahan, maka yang terbaik adalah melakukan istirahat yang cukup. Caranya bisa menyempatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya.

  3. Merencanakan Aktifitas Sehari-hari
  4. Merencanakan aktivitas sehari-hari secara rinci dapat membantu mengatasi rasa malas yang menerpa.

  5. Motivasi Diri Sendiri
  6. Ada beberapa cara untuk memotivasi diri sendiri, seperti membuat target dan tujuan ke depan yang jelas. Dengan begitu, ia bisa lebih termotivasi untuk melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan.

  7. Hindari Lingkungan yang Tidak Sehat
  8. Lingkungan yang tidak sehat dapat mempengaruhi mental seseorang. Karena itu, lebih baik memilih lingkungan yang positif untuk mengurangi rasa malas.

  9. Berbicara dengan Ahli
  10. Jika rasa malas terus terjadi bahkan setelah mencoba berbagai cara, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atau psikiater untuk mengatasi gangguan mental atau psikologis yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Rasa malas atau mager bukanlah kondisi yang baik karena dapat mengganggu produktivitas dan juga kesehatan. Ada beberapa faktor penyebab dari arti mager seperti kondisi tubuh yang lelah, pilihan prioritas, takut gagal, atau rasa malas yang menetap. Namun, hal itu bisa diatasi dengan istirahat yang cukup, merencanakan aktivitas sehari-hari, memotivasi diri sendiri, memilih lingkungan yang positif, dan berkonsultasi dengan ahli jika diperlukan. Jika seseorang merasa bahwa ia terus-menerus merasakan rasa malas yang sama dengan kondisi mental yang tertekan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli untuk menemukan solusinya.

Leave a Comment